Indonesiaku

Etalase Kebudayaan. Itulah julukan paling pas untuk Indonesia, negara kepulauan yang terbentang dari sabang sampai merauke. Bayangkan saja, jika kita ibaratkan pulau-pulau itu merupakan etalase toko di sebuah pusat perbelanjaan raksasa, maka terdapat lebih dari 7000 etalase kebudayaan. Fantastis.

Kebudayaan tersebut tidak hanya bicara satu hal, bahasa saja atau kesenian semata. Terdapat banyak unsur kebudayaan yang dapat dipajang di etalase itu, seperti bahasa, pakaian adat, alat kesenian dan lain-lain.

Dari sudut pandang bahasa, dari satu pulau ke pulau lainnya seakan-akan rangkaian laboratorium bahasa. Diawali dengan bahasa Aceh di ujung barat, disambung dengan bahasa batak yang yang meledak-ledak, bahasa minang yang meliuk-liuk, sunda dan jawa yang halus penuh disiplin, sampai bahasa alor di kepulauan Maluku. Jika didokumentasikan terdapat 750 jenis bahasa daerah, belum dialek-dialek yang berkembang.

Ratusan alat musik dari setiap pulau tersebut akan membentuk simfoni orkestra yang luar biasa. Dimulai dengan suara khas aramba di nias, diiringi suara merdu angklung, beradu dengan kewibawaan gamelan, ditambah dengan nyaringnya sopran tinu dari pulau Rote. Itulah simfoni nusantara.

Ribuan ragam pakaian adat juga seakan menjadi pajangan desainer nusantara dengan ragam corak yang tak tertandingi kreativitasnya. Dalam sebuah even peragaan busana, mungkin membutuhkan waktu lebih dari seminggu untuk menampilkan semuanya.

Belum lagi kita bicara tentang pantai-pantai nusantara. Inilah salah satu negeri dengan garis pantai terpanjang, lebih dari 90 ribu kilometer. Kesyahduan pantai lhok nga, tegasnya pantai panjang, garangnya pantai selatan sampai dengan eksotiknya pantai nusa tenggara. Rasa-rasanya setiap jengkal pantai itu menjadi komoditas jualan papan atas.

Itulah Indonesia, kebhinnekaan yang menjelma menjadi etalase kebudayaan, yang harus diakui merupakan aset peradaban dunia. Sebuah alasan terbaik bagi kita untuk semakin mencintai pertiwi ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s