Kendaraan Doa

Doa kita itu terbang ke langit, kecepatannya tergantung kendaraannya.

Jika saya di Surabaya, mau pergi ke Jakarta, perjalanannya bisa saya tempuh dalam 8 jam kalau naik kereta, bisa 1 jam kalau naik pesawat, bahkan bisa seminggu kalau naik becak. Ya, betul, kecepatan perjalanan tergantung kendaraan kita apa.

Begitu juga dengan doa kita. Mau seberapa cepat terbangnya. Doa itu mau kita naikkan becak, atau pesawat jet dengan kecepatan cahaya? Jangan2 selama ini doa kita jalan di tempat, ga punya kendaraannya. Pantesan aja kita begini2 aja hidupnya.

Kendaraan doa itu adalah IBADAH dan AMAL KEBAIKAN kita. Amal yang kita unggulkan. Amal yang bisa kita jaga istiqomahnya.

Baik, sekarang kita bercermin masing2. Yuk, kita bertanya kepada diri kita sendiri, amal unggulan apa yang kita bisa banggakan kepada Allah dan Rasulnya?

Ada?

Tidak ada?

Bagi yang sudah ada, pertahankan. Bagi yang belum ada, jangan berkecil hati. Mulai hari ini kita buat program amal unggulan sebagai kendaraan doa kita.

Misal: Ngafal Quran one-day-one-ayat atau puasa senin-kamis, atau tahajud setiap hari, atau sedekah setiap hari, atau sholawat seribu setiap hari, atau kombinasi.

Identifikasi amalan sebagai kendaraan doa bisa berdasar kekuatan diri masing-masing. Bisa juga melihat kelemahan diri selama ini, sesuatu yang paling sering ditinggalkan, lalu kali ini pingin diperbaiki.

Buat dulu program dalam kurun waktu tertentu. 7 hari atau 14 hari atau langsung 40 hari. Ini bagian dari metode kita untuk mengatur nafas, metode untuk memperpanjang ke-istiqomahan kita. Kita buat pitstop untuk evaluasi diri.

Yuk, kita renungkan, kita bercermin diri, lagi rumuskan programnya. Contoh program:

Selama 14 hari ke depan, saya akan:
1. Sholat tahajud 8 rakaat + Witir 3 rakaat setiap jam 02.30
2. Baca Quran 1 juz per hari
3. Puasa Senin Kamis.

Buat sahabat yang punya program, atau yang sedang membuat program, atau punya pengalaman dalam melaksanakan programnya, boleh di-share ya, untuk saling berbagi inspirasi dan saling mendoakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s