Jaminan

Saya belajar banyak hal. Meskipun tidak semua menjadi ilmu yang berhasil diamalkan, setidaknya terdapat satu hal yang sangat melekat, yakni JAMINAN. Bahwa, hidup kita itu telah mendapatkan jaminan dari Yang Maha Kuasa.

Jaminan atas rizki misalnya, tidak ada satu hari pun yang luput tanpa limpahan rizki. Presisi, tidak pernah meleset. Makanan, mimuman dan berbagai kebutuhan lainnya tidak pernah tidak terpenuhi. Semua itu semata-mata hidup kita terjamin, bukan sekedar karena kita bekerja atau melakukan sesuatu yang mendatangkan rizki.

Namun, seringkali kita khawatir, seakan-akan lupa tentang keberadaan Jaminan itu. Hari demi hari dipenuhi kekhawatiran, kegelisahan dan kegundahan. Semua itu terjadi karena salah fokus. Kita terlalu fokus pada cara atau alat.

Otak kita bekerja menghasilkan logika-logika. Sayangnya, kita sendiri sering terjebak dengan logika yang dibangun oleh diri kita sendiri, bahwa sebuah hasil pasti dihasilkan oleh sebuah cara tertentu. Padahal “hasil” adalah area jaminan Allah, sedangkan “cara” adalah bagian amal sholeh kita.

Ayo, kita kenali Jaminan Allah. Jaminan atas hidup dan kehidupan kita. Jika kita berhasil mengenal cara kerja Jaminan itu, pastilah hati akan tenang. Tidak ada kegelisahan, bahkan ketika sesuatu yang menjadi “cara” terambil atau hilang.

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s