Tawakal

Ada 5 orang di kantor, Adi, Ahmad, Abdul, Alam, Agus. Nah, Ahmad ini jagooo banget soal komputer. Kalau laptop saya rusak, kira2 saya minta tolong sama siapa?

Ya benar, jawabannya Ahmad. Itu namanya saya “menyerahkan” laptop saya ke Ahmad. Pasrah total. Kenapa? Karena saya bener2 tidak tahu apa2, Ahmad jago banget.

***

Tawakal itu mengacu pada salah satu Asmaul Husna, Al Wakiil. Siapa itu Al Wakiil?

Al Wakiil adalah Allah Yang Maha Menyempurnakan.

Maka syarat kita disebut Tawakal adalah kitanya mengakui diri kita tidak tahu apa2, ga bisa apa2, sedangkan ada Allah Yang Maha Tahu segala solusi, juga Maha Menyempurnakan.

Dimana letak Tawakal?

Tawakal itu ada di depan, di tengah dan di akhir.

Dari sejak merencanakan, kita udah sandarkan penyempurnaan ke Allah. Apa yang kita tahu tentang hari esok? Sedangkan Dia Maha Tahu.

Pada saat eksekusi, hati menyandarkan penyempurnaan pada Allah. Sehebat-hebatnya ilmu dan skill kita, selalu aja ada yang kurang. Sekeras-kerasnya kita bekerja, selalu ada yang kurang. Karena memang kita lebih banyak nggak tahu, Dia Yang Maha Tahu. Hanya Dia yang bisa menyempurnakan segala sesuatunya.

Pada saat pekerjaan telah usai, yakinkah kita itu hasil terbaik? Kita perlu penyempurnaan Allah untuk membuat hasil itu sesuai 100%. Apalagi ketika mentok, pekerjaan nggak kunjung selesai, makin kita perlu mintakan penyempurnaan pada Allah.

***

Maka, ayo kita susun rundown pekerjaan kita dengan mempertimbangkan TAWAKAL sebagai unsur utama.

Kalau punya ide atas apapun, kalibrasi dulu. Sampaikan dan diskusikan dengan Dia Yang Maha Tahu. Dengan demikian ide kita akan makin kaya, atau semakin tajam, atau akan terkoreksi jika kurang pas.

Kalau ada yang mau meeting hari ini, yuk dhuha dulu. Memulai kerjaan apapun, hantarkan dengan Quran dulu, lalu doa, sampaikan, “Ya Rabb, kami punya rencana ini itu. Kami serahkan penyempurnaan perencanaan, eksekusi dan penyelesaian pada-Mu.”

Selamat berjuang, sahabat semua. Selamat meniti jalan ahli tawakal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s