Sempurna

Bagaimana kita harus mencapai kesempurnaan tanpa menyandarkan diri pada yang paling sempurna?

Kita memiliki banyak ketidaksempurnaan. Fisik kita terbatas, pengetahuan kita sejengkal, kekuatan kita sedikit dan kekuasaan kita segitu aja. Jauh dari sempurna.

Maka seringkali keputusan kita tidak sempurna. Keputusan untuk menentukan makanan dan minuman saja, sering kali tidak tepat. Tidak sempurna. Belum lagi keputusan tentang keluarga, keputusan tentang bisnis atau keputusan yang jauh lebih besar seperti keputusan terkait masyarakat.

Tindakan kita pun lebih banyak yang tidak sempurna. Kita buta sama sekali tentang misteri takdir dan masa depan. Kita rapat, melakukan perencanaan, lalu berapa banyak estimasi yang sesuai kenyataan? Kita salah arah, lagi dan lagi. Kita salah langkah, berulang kali.

Pada akhirnya, pengalaman bercerita kepada kita, semacam banyak kebetulan terjadi. Banyak keberuntungan dalam hidup kita. Padahal sejatinya, Yang Maha Sempurna Menyempurnakan ketidaksempurnaan kita.

Kita tidak paham arah, Dia pertemukan dengan guru kehidupan. Kita salah langkah, Dia berikan takdir untuk mengkoreksi. Kita lelah, Dia berikan hikmah penuh penghiburan. Begitu seterusnya, Dia Yang Maha Sempurna tak henti Menyempurnakan.

Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan.

[Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu selamanya].”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s