Apa sih Hebatnya Kita?

Kita seringkali merasa hebat ketika berkaca dan melihat kesempurnaan tubuh. Kanan kiri simetris, paras wajah lumayan, dan segala2nya seimbang, penuh presisi.

Kita juga tak jarang merasa hebat dengan tumpukan harta dunia yang berhasil kita kumpulkan sedikit demi sedikit dan akhirnya kita kuasai. Bangga rasanya ketika dulu cuma naik angkot kemudian sekarang bawa motor, kemudian mobil … bangga rasanya ketika sebelumnya tinggal di rumah kontrakan, sekarang mampu beli rumah sendiri.

Bahkan kemudian kita merasa sangat hebat saat mulut kita bisa kapan saja memuntahkan segala kekesalan kepada orang2 sekitar, saat telinga kita dapat mendengar atau menangkap aib2 orang, ataupun saat mata kita menyaksikan bermacam ketidaksempurnaan di sekitar kita.

Ironisnya, ketika kita merasa menjadi yang terhebat, di saat bersamaan kita juga merasa memiliki masalah yang paling besar dan paling complicated sehingga kita merasa punya hak penuh untuk mengeluh, kita juga merasa sebagai makhluk yang paling penting sehingga selalu menuntut untuk diprioritaskan.

Padahal… kita itu hanya sebuah noktah di jagat raya.

Lihatlah burung. Lihatlah pohon-pohon. Lihatlah ikan. Lihatlah singa. Lihatlah seluruh makhluk Allah lainnya di sekitar kita.

Kita mau terbang aja, perlu berabad2 untuk berpikir dan berinovasi, itupun masih jauh dari kemampuan seekor elang. Kita mau berenang, dan menyelam, segala peralatan manusia buat, apa hebatnya kita dibanding paus. Nyali kita mungkin nggak sampai seujung kuku dari singa.

Jadi…

Apa sih hebatnya kita?
Kita itu hanya sebuah noktah di jagat raya…

Kalaupun kita punya kesempurnaan fisik, harta, kekuasaan, dan semua yang terlihat sempurna, bukankah itu hanya titipan Allah? Itu pun semata karena Rahmat Allah SWT. Di sisi lain, segala kesempurnaan itu bisa jadi adalah ujian apakah semua karunia itu dapat membuat kita terlena… yang sewaktu-waktu bisa hilang dalam sekejap jika Allah SWT menghendaki…

Maka, masih pantaskah kita untuk merasa hebat?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s