Asymmetry of Feeling

Dua orang berjalan dari arah berlawanan. Lalu bertemu di satu titik. Bertatap muka. Lalu saling tersenyum.

Kira2 nih, dari sejak awal peristiwa ketika mereka berjalan, lalu melihat dari kejauhan sampai akhirnya bertatap muka … apakah keduanya memikirkan hal yang sama? Merasakan perasaan yang sama?

Seringkali tidak sama. Mungkin salah satu merasa senang saat bertemu sehingga dia tersenyum, sementara yang lain merasa sungkan cenderung takut saat bertatap muka dan menyembunyikannya dalam senyum.

Ketidaksamaan dalam perasaan itulah yang disebut asymmetric of feeling.
Semakin banyak orang yang berinteraksi, semakin kompleks ragam perasaan yang dialami.

Contoh lagi, dalam satu sesi perkenalan di perkuliahan, terdapat seorang mahasiswa yg selain ditanya nama juga ditanya tempat tinggalnya. Saat momen itu terjadi si mahasiwa bisa saja merasa janggal dan waswas karena hanya dia yg ditanya, sementara temennya ada yg merasa tidak nyaman karena dia tidak ditanya, sedangkan teman lainnya merasa biasa saja. Asymmetry of Feeling dari beberapa orang.

Rantai berikutnya adalah persepsi. Seringkali seseorang menebak perasaan orang lain dan motif di baliknya dikenal dengan persepsi, baik positif (husnudzon) maupun negatif (su’udzon). Asymmetry of perception pun bisa terjadi karena apa yang ada dalam persepsi seseorang belum tentu sama dengan yang dipersepsikan dengan pihak ketiga dan bisa jadi berbeda pula dengan yang sesungguhnya terjadi.

Asymmetry of feeling and perception tersebut akan “broken” atau terpecahkan ketika seseorang mulai mencari kebenaran dengan mengkonfirmasi secara verbal mengenai kejadian yang sebenarnya terjadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s