Ujian Berulang

Sejatinya, hidup adalah rangkaian ujian. Maka ketrampilan menjawab ujian menjadi ketrampilan yang wajib kita miliki. Semua orang pasti menghadapi ujian dan tentu saja bagi yang bisa menyelesaikannya yang bersangkutan akan naik tingkat, bisa ditinggikan derajatnya, bisa dipenuhi hajatnya, bisa dilunasi hutangnya, dan lain sebagainya.

Ujian kehidupan tentu saja berbeda dengan ujian di sekolah. Ada beberapa ciri yang bisa kita jadikan pedoman sehingga kita lebih tepat bertindak dan menyikapi.

Kadang kita menghadapi ujian yang berulang. Misal, terus aja kita diuji dengan hilangnya HP milik kita. Atau, sakit yang terus kambuh lagi dan kambuh lagi. Atau, ada yang terjerumus pacaran, lalu bertaubat, pacaran lagi, taubat lagi, pacaran lagi, begitu seterusnya.

Jika ujian itu terus berulang, tandanya kita belum menjawab soal dengan benar. Apa yang inti pertanyaan belum kita tangkap. Kita belum sepenuhnya lolos, sehingga harus diulang lagi. Kalau kita menghadapi seperti ini, yang perlu kita renungkan di setiap ujian adalah apa sebenarnya yang inti ujian ini. Ujian itu berulang bisa jadi karena kita belum menjawab soalnya dengan tepat.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s