Alhamdulillah

Berapa kali dalam sehari kita mengucap ALHAMDULILLAH?

Tak terhitung berapa kali kita mengucap hamdalah. Namun, berapa persen diantaranya yang kita ucap dengan menghadirkan rasa dan penghayatan?

Alhamdulillah adalah sebuah ungkapan pujian. Praise to Allah, Rabb, Tuhan Penguasa alam semesta.

Kita memuji sesuatu biasanya karena 2 hal. Pertama, karena sesuatu tersebut memiliki keunggulan atau kelebihan atau kesempurnaan tertentu. Untuk kasus ini kita biasa keluar ungkapan, “wow hebat”, “wah luar biasa”, dan sejenisnya.

Kedua, karena sesuatu tersebut memberikan keuntungan untuk kita. Mungkin ga ada keunggulan tertentu, tapi pemberian ini pas sesuai kebutuhan kita. Dengan berbunga kita biasa mengucapkan terima kasih.

Nah, Allah SWT memiliki dua alasan tadi untuk melahirkan pujian dari hamba-hambaNya. Pertama, Allah itu sempurna. Bahkan lebih dari itu, Allah adalah pencipta kesempurnaan. Kedua, Allah adalah Pemelihara alam raya, penjaga dan pelindung, serta yang tiada henti memenuhi kebutuhan kita.

Maka, ucapan hamdalah seyogyanya kita hadirkan dengan rasa. Ucapan yang diungkapkan dari hati yang penuh kekaguman yang amat sangat, dari seorang pribadi yang sedang berterimakasih banget banget.

Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamiin
All praises is due to Allah, Lord of the worlds.

image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s