Lailatul Qodr

Salah satu keistimewaan Ramadhan adalah adanya sebuah malam yang disebut Lailatul Qadr. Malam itu disebut juga sebagai malam seribu bulan mengacu pada QS Al Qadr sebagai berikut:

“1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. 2. dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? 3. malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. 4. pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. 5. malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Tidak ada yang tahu pasti kapan Allah Yang Maha Pemurah menurunkan “harta karun” tersebut. Namun, Allah SWT memberikan petunjuk melalui sabda Rasulallah SAW, “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan” (HR Bukhari  dan Muslim). Maka tak heran umat Islam pun berbondong-bondong memadati masjid, melakukan i’tikaf, menghidupkan malam-malam dengan memperbanyak amalan pada 10 hari terakhir hanya untuk satu tujuan; memperoleh kemuliaan malam Lailatul Qadr.

Dalam konteks perburuan suci tersebut, tidak sedikit dari kita yang beraksi secara instan. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemuliaan yang melekat pada Lailatul Qadr terkait dengan kemuliaan Al Quran. Dengan perspektif tersebut, bagaimana mungkin kita mendapatkan keberkahan malam Lailatul Qadr jika selama bulan Ramadhan atau bahkan selama hidup, kita mengasingkan Al Quran.

Dapat disimpulkan bahwa memperoleh kemuliaan malam Lailatul Qadr tidaklah sekedar menghidupkan malam-malam tertentu saja melainkan selayaknya dipersiapkan sejak awal Ramadhan melalui interaksi dengan Al Quran. Interaksi tersebut tidak sekedar menjadikan Al Quran sebagai hiasan di lemari tetapi dengan memeliharanya melalui bacaan dan hafalan serta menjaga keberkahannya melalui aplikasi di prilaku sehari-hari. Jika kita semua sepakat dengan perspektif ini maka Lailatul Qadr adalah salah satu momentum terwujudnya generasi Qurani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s