Beribadah

MISI kita yang paling utama sebagai manusia adalah BERIBADAH. Dari waktu ke waktu, hari demi hari, yang kita lakukan adalah rangkaian ibadah.

Sebagai sebuah misi yang harus ditunaikan maka 3 pertanyaan mendasar adalah WHAT, HOW dan WHY. Kalau 3 pertanyaan mendasar itu terjawab, kesempurnaan kita menjalankan ibadah pasti akan terangkat.

WHAT. Ibadah merupakan kepatuhan dan ketundukan. DI dalamnya terdapat sebuah pengakuan dari seorang yang inferior (hamba) kepada “sesuatu” yang superior.

HOW. Cara ibadah adalah dengan mengikuti contoh yang diberikan oleh seseorang yang memang diutus oleh Sang Superior. Dalam hal ini adalah Rasulullah Muhammad SAW.

WHY. Ada beberapa alasan mengapa kita harus beribadah. Salah satu alasan utama adalah seperti yang dinyatakan dalam QS AL Baqarah ayat 21, “Hai seluruh manusia, beribadahlah kepada Tuhan yang telah menciptakan kamu dan orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa“. Jadi, alasan mutlak kita beribadah adalah karena Dia yang Superior itu adalah pencipta kita, mutlak bahwa kita mempunyai ketergantungan kepada Yang Menciptakan kita. Alasan tujuan dalam ayat tersebut menjelaskan bahwa kita beribadah dalam rangka mencapai status takwa, sebuah predikat yang kemudian membedakan para the winner dengan the looser.

Prof. Quraish Shihab menejalaskan dalam Tafsir Al Misbah, bahwa jika sebuah ibadah dipahami lalu dikerjakan dengan benar, indikator keberhasilannya akan tampak dalam 3 hal. Pertama, akan terhunjam dalam hati kita bahwa tidak ada “kepemilikan” sekecil apapun pada diri kita karena semuanya MilikNya. Kedua, aktivitas dan tindakan kita pun akhirnya berkisar pada apa yang diperintahkan dan disukai olehNya. Ketiga, kita selalu memastikan bahwa apa yang kita tunaikan memang sesuai dengan khendakNya, sesuai dengan misi yang diemban.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s