Dualisme Cinta

Manusia selalu mencari cinta. Itu sudah kodratnya, karena dengan menemukan cinta kita akan menemukan kebahagiaan. Sakinah hati, damai dalam menjalani hidup ini.

Masalahnya adalah, seringkali kita tidak menemukan cinta di setiap area tempat kita berjuang sehari-hari. Ada yang menemukan cinta di rumah, tetapi tidak di kantornya. Ada yang punya cinta di kantor, di sekolah, tetapi di rumahnya sendiri malah kering akan cinta. Inilah yang disebut sebagai ambiguitas kehidupan, kita memiliki beberapa frekuensi cinta dalam hidup. Akibatnya, bisa jadi kita akan memeiliki beberapa kepribadian, berlaku dengan gaya tertentu di rumah, bertindak gaya lain di kantor.

Ideal adalah ketika kita memiliki frekuensi kehidupan yang sama, baik di rumah, di kantor, di pasar, di klien, dan dimana pun kita berada. Kita selalu memiliki cinta yang sama. Inilah ketika kita memiliki kehidupan yang utuh, satu kepribadian, tidak terbelah-belah.

Nah, cinta yang frekuensinya sama dimanapun ia berada hanyalah cinta Allah, cintanya orang-orang yang mencintai dan dicintai Allah. Jika semua tempat memiliki atmosfir cinta jenis ini, kebahagiaan karena konsistensi cinta otomatis kita rengkuh.

Maka, kita harus proaktif untuk menyamakan frekuensi cinta ini. Mulailah dengan doa dengan sebuah doa yang diajaran oleh Rasulullah SAW, “Ya Allah karuniakan kepadaku kecintaan kepada-Mu, kecintaan kepada orang yang mencintai-Mu dan kecintaan apa saja yang mendekatkan diriku pada kecintaan-Mu”.

Selanjutnya, memilih kantor tempat bekerja, menentukan pekerjaan yang akan ditekuni, bahkan memilih tempat rekreasi sekalipun, kita harus menempatkan kesamaan frekuensi cinta ini sebagai filter utama. Jangan memilih sesuatu hanya berdasar cinta atas hal-hal yang nampak dan duniawi semata. Pahami dan hayatilah sebuah doa indah di QS AL Mukminun, “Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s