Apakah Bukan Bodoh Namanya?

Hampir tak terputus kita berdoa & meminta kepada Allah SWT. Doa dan permintaan yang luar biasa. Kadang kita tumpuk berbagai keinginan dan harapan, semuanya terbaik dan tersempurna. Mulai dari jodoh sholeh sholehah yang terbaik, anak yang sehat cerdas berakhlak mulia plus penghafal Quran, pekerjaan terbaik yang halal berkah melimpah, sampai dengan jaminan keselamatan dunia akhirat.

Tidak ada yang salah dengan berdoa sebanyak-banyaknya. Doa adalah ibadah. Bahkan semakin banyak doa InsyaAllah semakin disukai oleh Allah SWT. Namun, apakah bukan ironi namanya ketika kita tiada henti meminta lalu ketika Allah meminjam harta yang paling kita cintai, kita enggan memenuhinya?

Padahal semua harta yang kita cintai itu asalnya dari Allah. Mobil, rumah, makanan minuman yang disantap setiap hari, berlembar-lembar baju yang kita pakai, semuanya adalah milik Allah yang dipinjamkan agar kita hidup dengan layak. Tidak ada harta sepeser rupiah pun yang bukan  pinjaman dari Allah. Apakah bukan aneh namanya ketika yang meminjami dengan sangat santun mau meminjam hartanya itu, lalu kita bilang, “tunggu, aku mau pakai dulu” atau “nanti ya, keluarga saya masih butuh mobil ini”?

Padahal kalau yang meminjam itu Allah, pasti dan super pasti akan dikembalikan. Bahkan dengan penuh kemurahan, Allah bilang pengembaliannya akan dilipatgandakan, sepuluh kali lipat, 700 kali lipat, bahkan sampai tak terhingga. Apakah bukan bodoh namanya ketika kita mengaku akuntan atau ahli ekonomi tapi pada saat bersamaan menolak proposal investasi dengan tingkat pengembalian yang tak terhingga seperti itu?

Mungkin kita harus belajar lagi tentang kisah Nabi Ibrahim, sang Kholilurahman, belajar tentang cinta agung yang membuatnya mampu mengorbankan Nabi Ismail, putra terkasihnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s