REFLEKSI RAMADHAN

Salah satu karunia Allah kepada kita adalah ditanamkannya nafsu dalam diri ini. Dengan nafsulah kita mampu bertahan hidup. Bayangkan kita hidup di dunia dengan raga seperti ini, lalu tidak mempunyai kemauan makan dan minum sama sekali, dijamin kita akan mati. Jadi, nafsu yang diinstall sebagai salah satu software dalam diri kita merupakan salah satu penunjang hidup yang utama.

Namun, setan yang jenius itu kemudian melihat nafsu sebagai pintu masuk mereka dalam menundukkan manusia agar sebanyak-banyaknya cucu Adam menemani mereka di neraka. Setan kemudian menghembus-hembus nafsu menjadi besar dan meraksasa. Itulah ketika dikatakan hidup kita ini ditunggangi nafsu. Makan tidak sekedar untuk mempertahankan hidup tetapi untuk memenuhi nafsu yang udah menggelembung tadi. Rumah, mobil, gadget dan segala properti kita kejar untuk dipunya tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan berkarya sebagai khalifah tetapi menjadi ajang kompetisi duniawi yang begitu menyenangkan dan menggairahkan.

Disinilah peran penting PUASA yang kita jalani selama ramadhan ini. Puasa mengembalikan posisi pandang kita terhadap nafsu pada posisi yang seharusnya. Siapapun kita pasti akan mengalami reposisi nafsu dalam diri asal benar-benar menjalani puasa sebulan ini. Bersyukurlah bagi yang puasa tidak sekedar lapar dan dahaga, karena pasti dampak puasanya tidak sekedar reposisi nafsu tetapi bahkan telah mengembalikan dirinya sendiri sebagai majikan dan penunggang nafsu.

Kita kita telah di penghujung bulan suci ini. Satu hal yang penting untuk menjadi renungan akhir adalah kesadaran tentang nafsu ini. Bahwa nafsu adalah tunganggan kita. Bahwa kita harus menjaga nafsu pada fungsinya sebagai penyokong hidup jasad semata. Bahwa kita harus tahu betul posisi musuh abadi kita, setan laknat, yang terus meneropong nafsu ini sebagai kelemahan terbesar kita. Bahwa, seiring dengan berakhirnya bulan suci ini, kita harus memasang TEKAD untuk mengendalikan nafsu. Titik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s