Disiplin adalah Nafasku

Dalam terjemahan bebas, disiplin adalah sebuah dorongan dalam diri untuk melakukan sesuatu yang seharusnya pada waktu dan tempat yang tepat dengan cara yang seharusnya.

Dengan demikian, terdapat empat dimensi dalam berDISIPLIN:

1. RIGHT  THING. Wacana disiplin hanya relevan untuk misi yang benar dan dilakukan dengan cara yang seharusnya. Maka, tindak penyelewengan, meski dilakukan dengan tepat, tidak dapat dikategorikan sebagai tindakan disiplin.

2. RIGHT TIME. Sesuatu yang benar juga harus dilakukan pada waktu yang tepat. Shalat adalah hal yang baik, tetapi menjadi useless jika dilakukan tidak pada waktu yang ditentukan, begitu juga dengan bekerja, mengajar dan lain-lain. Seseorang yang berdisiplin akan mempunyai dorongan untuk selalu tepat waktu, itulah embrio dari manajemen waktu yang handal.

3. RIGHT PLACE. Disiplin juga memperhitungkan dimensi ruang atau tempat. Segala sesuatu yang tepat tapi disampaikan atau dilakukan di tempat yang salah bisa berakibat fatal. Maka seorang yang berdisiplin akan memiliki energi untuk mendorong dirinya selalu memperhatikan ketepatan tempat.

4. RIGHT WAY. Disiplin mendorong diri seseorang untuk senantiasa menggunakan cara yang benar, dalam situasi apapun. Berdisiplin berarti mempunyai cukup energi untuk mencegah diri kita atas segala pilihan shortcut yang tidak bertanggungjawab. Maka, seseorang yang berdisiplin pantang baginya untuk mencontek, memanipulasi, dan sejenisnya.

Itulah tentang DISIPLIN. Kadang kita memahami disiplin dalam arti sempit, hanya dalam bentuk tidak terlambat, dan sejenisnya. Mari kita pahami DISIPLIN secara lebih komprehensif, lalu tancapkan tekad untuk selalu dan selalu berdisiplin, seperti semboyan yang terbaca oleh penulis 17 tahun lalu di Akademi Militer, “Disiplin adalah Nafasku”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s