Momentum Maulid Nabi untuk Hidupkan Sunnah dalam Kebiasaan Kita

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيّدنامُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ سيّدنا مُحَمَّدٍ

Rasulullah SAW adalah role model kita semua. Singkat cerita, kalau mau sukses dunia akhirat caranya mudah, ikuti cara hidup yang dicontohkan Rasulullah. Dan, manual kehidupan yang dicontohkan Sang Rasul itu sudah sangat lengkap, beberapa ditegaskan dalam prinsip-prinsip, sebagian lainnya dicontohkan sampai teknis.

Maulid Nabi adalah momentum terbaik bagi kita untuk instropeksi diri, sejauh mana kita telah melaksanakan sunnah-sunnah yang diajarkan dan dicontohkan oleh beliau. Maka, peringatan maulid sebaiknya kita awali dengan inventarisasi amalan sunnah apa yang telah kita lakukan secara konsisten. Dilanjutkan dengan program diri untuk memperbaiki atau menambahnya.

Ayo kita buat program “Hidupkan Sunnah” dalam perilaku dan kebiasaan kita sehari-hari. Bukan untuk siapa-siapa, melainkan untuk diri kita sendiri. Pilih salah satu sunnah utama yang selama ini jarang kita lakukan, lalu tekadkan diri untuk melakukannya, SETIAP HARI, selamanya.

Bagi yang serius membuat program ini, berikut beberapa tips sederhana supaya program yang didesain oleh dan untuk kita ini tidak hanya hangat seminggu dua minggu.

1. PILIH sesuai kemampuan. Jika selama ini jarang tahajud, tetapkan program tahajud setiap hari, mulai dengan 2 rakaat. Bagi yang jarang dhuha juga begitu. Sebaiknya hindari loncatan2 yang ‘dramatis’. Atau hal yang sederhana, bertekad untuk selalu berdoa sebelum makan apapun. Intinya sesuai kemampuan.

2. Tancapkan TEKAD dan dokumentasikan. Tekad menjadi tumpuan energi. Tanpa tekad program perbaikan diri seperti ini akan cepat layunya. Nah, salah satu cara untuk membuat tekad selalu membara adalah mendokumentasikannya. Bisa menuliskannya lalu tempel di dinding. Atau bisa juga dengan menceritakan ke keluarga atau teman terdekat.

3. Lakukan BERKELOMPOK. Ajak orang-orang yang ada di rumah kita untuk membuat program yang sama. Bisa juga ajak teman-teman di kantor. Melalui kebersamaan akan muncul energi untuk saling menguatkan dan mengingatkan.

4. Pupuk terus ILMUnya. Ilmu adalah pupuk amal. Salah satu motivasi keistiqomahan adalah dengan mengetahui fadhilah amal. Melalui majelis ilmu pula kita akan mendengar banyak pengalaman dari guru dan sahabat-sahabat yang lain.

Jadi, apa programmu? apa tekadmu?

 

One thought on “Momentum Maulid Nabi untuk Hidupkan Sunnah dalam Kebiasaan Kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s