Hidup Pas-Pasan

Hidup pas-pasan itu indahnya luar biasa …

Kebutuhan hidup adalah keniscayaan. Mulai kebutuhan yang kecil dan rutin seperti makan & minum sampai dengan yang besar-besar seperti membeli rumah. Pasti kita semua mengharapkan semua kebutuhan tersebut terpenuhi.

Hidup pas-pasan adalah hidup ketika pas butuh pas ada. Ketika membutuhkan mobil, terpenuhi. Ketika membutuhkan laptop, terpenuhi. Ketika membutuhkan rumah, terpenuhi. Ketika harus sedekah, terpenuhi. Ketika harus wakaf, terpenuhi.

Bagaimanakah cara kebutuhan-kebutuhan tersebut “terpenuhi”? Disinilah titik kritikalnya. Seringkali kita sok tahu, menganggap logika & imajinasi kita adalah yang terbaik. Maka, kita lalu membuat asumsi bahwa untuk memenuhi semua kebutuhan tadi kita harus “berpunya”. Kalau mau makan, harus punya uang. Kalau butuh mobil berarti harus punya mobil dan itu berarti kita harus punya uang, dan seterusnya. Inilah yang membuat hidup tak lagi indah, karena kita menuhankan “berpunya” untuk memenuhi kebutuhan kita.

Disinilah pentingnya paradigma hidup pas-pasan. Ini bukan tentang pola hidup. Ini adalah pola pikir. Paradigma tentang bagaimana Tuhan akan memenuhi kebutuhan-kebutuhan kita.

Tuhan itu Maha Tahu kebutuhan kita. Lebih dari itu, Dialah yang menciptakan kebutuhan kita. Maka Dialah yang paling tahu bagaimana seharusnya kebutuhan tersebut akan terpenuhi. Tuhan juga Maha Baik. Dia pasti akan memenuhi kebutuhan kita tersebut dengan cara terbaik di waktu terbaik pula.

Jelas disini bahwa kebutuhan itu akan terpenuhi bukan karena kita berpunya, melainkan terpenuhi karena Tuhan yang Maha Baik memenuhi kebutuhan tersebut.

Dengan pemahaman itu, seyogyanya kepuasan kita bukan terletak pada “kepunyaan” karena apa yang kita punyai belum tentu menyelesaikan kebutuhan kita. Kepuasan kita seyogyanya terletak pada bagaimana Allah memenuhi kebutuhan kita pada saatnya yang paling tepat. Pas butuh pas ada.

2 thoughts on “Hidup Pas-Pasan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s