Membaca Petunjuk, Memahami Allah Al Hadiy

Dilema. Bingung atas berbagai pilihan. Galau kata anak jaman sekarang. Sepertinya kita sering mengalami perasaan tersebut. Tua atau muda, pria atau wanita semua menghadapi dinamika perasaan seperti itu.

Ya, hidup memang rangkaian pilihan satu ke pilihan berikutnya. Mulai dari bangun tidur sampai kita tidur kembali kita melakukan aktivitas memilih. Dari sekian banyak episode pemilihan tersebut, terdapat waktu-waktu tertentu dimana kita terjebak dalam dilema. Apakah saya harus melakukan A atau B? Apakah saya harus menolak atau menerima? Benarkan dia pilihan tepat? dan sebagainya.

Pertanyaannya, bagaimana kita mengatasi dilematika seperti itu?

Mari kita ingat tentang Allah Al Hadiy, Allah Yang Maha Memberi Petunjuk. Pada dasarnya “petunjuk” itu tersebar di sekitar kita, terhampar dalam rangkaian kejadian demi kejadian. Namun, sayangnya kita seringkali tidak menyadarinya. Tuhan Maha Baik, kadang kita dicolek supaya sadar dengan petunjukNya. Namun, tetap saja kita tak menyadarinya.

Hmm, mungkin disinilah pangkal masalahnya. Petunjuk telah disiapkan olehNya, tetapi kita terus berkutat dengan dilema karena kita tidak peka. Dan, rasa-rasanya ketidakpekaan tersebut disebabkan oleh hati kita tumpul, mata hati kita rabun. Ya, hati kita tidak lagi menjadi cermin yang dapat memantulkan refleksi kejadian yang sejatinya petunjuk buat kita.

Jika demikian, prioritas kita jika ingin membaca petunjukNya yang hebat itu adalah dengan membersihkan hati …

One thought on “Membaca Petunjuk, Memahami Allah Al Hadiy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s