Prasangka, Penyakit Hati yang Sangat Merusak

Prasangka adalah sebuah penilaian yang kita punyai atas sesuatu yang sebelumnya kita lihat, kita dengar atau kita rasakan. Obyek prasangka bisa jadi sebuah organisasi atau individu manusia tertentu. Memang, prasangka tidak selalu buruk (suudzan), karena juga ada yang disebut prasangka baik (husnudzan). Namun, kata prasangka disini yang dimaksud adalah prasangka buruk.

Prasangka adanya di hati, maka ia digolongkan sebagai penyakit hati. Prasangka menjadi penyakit yang sangat merusak karena berasal dari prasangka, muncullah penyakit-penyakit hati yang lain. Prasangka yang diperturutkan akan berkembang biak menjadi perilaku mencari-cari kesalahan. Seseorang yang memiliki prasangka akan memiliki keinginan untuk membuktikan apa yang dipersangkakan.

Pada tahap berikutnya, bisa jadi apa yang dipersangkakan terbukti benar, bisa juga tidak terbukti kebenarannya. Bila terbukti benar, nafsu akan mendorong untuk membicarakan temuannya tersebut kemana-mana, kepada siapapun yang ditemuinya. Inilah Ghibah. Prilaku yang diibaratkan dengan memakan bangkai saudaranya sendiri.

Jika apa yang dicari-cari tidak terbukti kebenarannya, nafsu juga akan mendorong untuk membelokkan fakta. Dan, jika itu dibicarakan dengan orang lain, jadilah fitnah. Naudzubillah. Pelaku fitnah diibaratkan melakukan kejahatan yang lebih besar dari pembunuhan.

Mari jaga diri kita dari prasangka. Mari mencari seribu satu alasan untuk selalu berprasangka baik. Mari memahami bahwasanya segala kejadian tidak akan terjadi tanpa ijin Allah, maka tidak mungkin tidak ada kebaikan yang terkandung di dalamnya. Mari berfokus pada kebaikan di setiap kejadian, apapun rupa dan bentuknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s