Berkomunikasi dengan Hati

Kita semua adalah makhluk sosial. Berbicara dan berinteraksi sesama manusia sudah menjadi kebutuhan yang tak terhindarkan. Maka, terciptalah apa yang bernama komunikasi.

Komunikasi selalu membutuhkan media. Secara umum, media tersebut membentuk dua kategori jenis komunikasi yaitu komunikasi lisan & tulisan. Dalam perkembangannya, media komunikasi berkembang sangat pesat, sampai terakhir yang kita kenal dengan ‘social media’, dimana sebuah ide atau ucapan dalam waktu sekejap tersampaikan ke banyak orang.

Hal penting yang perlu kita pahami adalah faktor2 yang membentuk sebuah komunikasi dari sebuah masing2 kita sebagai individu. Secara teknis, komunikasi kita dihasilkan oleh olah tangan kita yang menghasilkan tulisan dan olah mulut yang menghasilkan komunikasi lisan. Namun, sebelum fase teknis itu terjadi, ada proses berpikir yang dilakukan. Ada pengolahan informasi, dari yang paling sederhana sebagai sebuah respons sampai yang paling kompleks dengan berbagai tools analisis.

Baik pada proses teknis dan proses berpikir tersebut, terdapat satu faktor lagi yang sangat mempengaruhi proses2 tersebut. Itulah hati. Jika kita menginginkan komunikasi yang menggugah, maka mari perhatikan faktor hati ini, karena hati hanya bisa disentuh dengan hati.

Mungkin kita pandai mengemas kata, dengan konsep & pemikiran yang hebat. Namun, seringkali perkataan & tulisan yang hebat itu tidak bermakna. Mungkin karena tidak berangkat dari hati. Tidak ada ketulusan dalam niat atau bahkan terdapat kedustaan di dalamnya.

Sebaliknya, sebuah perkataan atau tulisan yang sederhana, bisa saja menggetarkan jiwa, menggugah perilaku, jikalau keluar dari lubuk hati. Mungkin tidak canggih, biasa-biasa saja, namun karena sangat tulus, komunikasinya menjadi “powerfull” dan menyentuh hati pembaca atau pendengarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s