Kepemimpinan (sebuah curahan hati)

Terdapat pergulatan batin dalam diri saya, tentang sebuah pertanyaan, “Apakah pantas saya ikut memperebutkan sebuah kepemimpinan?”. Terpatri dalam benak saya bahwa kepemimpinan adalah amanah dan untuk menjalankannya dibutuhkan sebuah keikhlasan. Nah, keikhlasan ini menjadi pertanyaan kuncinya, rasa-rasanya tidak ada dari kita yang mampu mengukur kadar keikhlasan untuk kemudian meyakini bahwa dirinya layak memimpin.

Bicara keikhlasan dalam bentuknya yang paling sederhana berarti bicara tentang motif. Dalam pemahaman saya, orang yang ikhlas menjalankan amanah kepemimpinan ditandai dengan tidak adanya motif apapun selain ingin memberikan kemanfaatan bagi yang dipimpinnya. Tidak ada motif materi, motif popularitas, motif politik atau motif-motif lain yang berujung ingin menguasai, ingin dipuji, dan ingin dihargai.

Ah, beratnya me-manage hati. Pada kenyataannya, hati ini senang ketika ada testimoni yang positif. Hati ini sedih ketika ada yang meremehkan. Hati ini gembira ketika tepuk tangan membahana. Hati ini gundah ketika dukungan berkurang. Ah, ternyata fluktuasi hati ini masih mengikuti motif-motif yang egosentris. Jika memang fluktuasi hati sedemikian rapuhnya, layakkah diri kita ikut memperebutkan tampuk kepemimpinan?

Rabb, maafkan hamba jika langkah2 ini tidak Engkau sukai …

Wahai Sang Penguasa Hati, lindungi hamba, lindungi hamba …

 

2 thoughts on “Kepemimpinan (sebuah curahan hati)

  1. Walaupun ga mudah, tapi saya percaya Allah akan bimbing mas selalu dalam me-manage hati 🙂 tetep semangat!!! Banyak yang dukung mas.. banyak yang doain mas 🙂

  2. Semangat md….hati yang fluktuatif manusiawi siiih menurut akiuu…yang penting udh tau yang paling mulia nya gimana….hohoho….cemunguuuuudh….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s