Asy Syakuur

Asmaul Husna Asy Syakur termasuk yang jarang kita dendangkan, setidaknya berdasar pengalaman hidup saya. Namun, setelah mempelajari maknanya, subhanallah, Allah memang Maha baik …

Asy Syakur banyak diartikan sebagai Yang Maha Mensyukuri, dalam konteks Dia yang Selalu membalas perbuatan baik hamba-hambaNya dengan lebih baik dan lebih banyak. Selangkah mendekat padaNya, seribu langkah Dia mendekat pada kita. Dalam berbagai ayat Quran pun sering difirmankan, setiap perbuatan baik yang kita lakukan, Asy Syakuur selalu melipatgandakan balasanNya.

Perumpamaan [nafkah yang dikeluarkan oleh] orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan [ganjaran] bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas [karunia-Nya] lagi Maha Mengetahui. QS Al Baqarah: 261

Asy Syakuur juga terwujud secara presisi. Setiap amal kebaikan, sedetail dan sekecil apapun, terang atau tersembunyi, semua pasti mendapatkan ganjaran dan balasan kebaikan. Tidak ada yang luput, tidak ada yang terabaikan.

Mengenal Asy Syakuur, membuat kita tidak pernah ragu lagi untuk beramal. Bahkan kita tidak bisa meremehkan lagi amal-amal kecil yang tampaknya sepele, karena sebenarnya kita tidak pernah tahu dari amal yang mana keberkahan dan rahmat Allah berasal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s