Ujian yang Sering Luput

Setiap hari kita menghadapi ujian. Detik-detik kehidupan kita pada dasarnya adalah ujian yang kita jalani. Episode demi episodenya pada hakekatnya adalah ujian yang harus dilewati. Ya, hidup memang rangkaian ujian.

Tidak ada pilihan lain, kita harus lulus di setiap fase ujian yang kita hadapi dalam hidup. Tentu setiap orang memiliki tingkat kesulitan ujian yang berbeda-beda. Pun dari satu episode ke episode ujian berikutnya, kita menghadapi kompleksitas ujian yang berbeda pula.

Masalahnya seringkali kita tidak menyadari sedang menghadapi ujian. Akibatnya, kadang kita melewati sebuah kejadian begitu saja tanpa melakukan upaya terbaik. Beberapa kejadian kita sikapi dengan amarah, padahal sebenarnya kejadian itu adalah ujian kesabaran. Di kesempatan lain, kita beralih, berpindah, atau meninggalkan pekerjaan tertentu karena suatu sebab, padahal itu adalah ujian persistensi. Atau ketika pada satu titik kehidupan kita tidak lagi mempunyai harapan, mungkin pada saat itu kita sedang diuji apakah kita benar2 meletakkan harapan semata-mata kepada Tuhan?

Episode-episode ujian tersebut pada hakekatnya adalah bentuk kasih sayang Allah. Dia menginginkan kita naik kelas atau naik derajat. Bisa jadi, ujian adalah cara Allah meingkatkan kapasitas kita dalam menangani sebuah masalah, karena dalam beberapa waktu ke depan kita akan menghadapi masalah tertentu yang lebih besar dari yang biasa dihadapi.

Demikian. Selamat menikmati ujian demi ujian. Semoga kita semua menapaki anak tangga demi anak tangga kualitas kehidupan melalui ujian-ujian itu

One thought on “Ujian yang Sering Luput

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s