Sudahkah kita yakin???

Kita percaya bahwa Allah adalah Sang Penolong, tetapi seringkali kita tidak yakin dengan mekanisme yang dibuatNya agar kita mendapatkan pertolonganNya ….

Kita percaya tanpa keraguan sedikitpun bahwa sebuah kebimbangan dapat terselesaikan melalui sebuah istikharah. Kita tahu ilmu istikharah, dan kita juga percaya bahwa Allah akan memberi keputusan yang terbaik melalui istikharah itu. Tetapi, hati kita tidak mantap betul meski kita melakukan istikharah, karena kita lebih yakin bahwa logika kita lebih dapat diandalkan untuk menyelesaikan kebimbangan itu …

Kita percaya betul bahwa tahajud dapat menyelesaikan masalah. Kita percaya Allah akan mendatangi orang-orang yang tahajud, menjawab doanya dan mencerahkan harinya. Namun kita belum yakin sepenuhnya bahwa Allah hadir dalam tahajud kita. Kita tidak bisa menggerakkan hati kita pada keyakinan itu, karena diri kita dipenuhi oleh logika dan skenario pemecahan masalah yang mengandalkan otot dan otak.

Kita percaya dengan zakat, infak, sedekah atau wakaf. Kita bangga dengan ayat Quran yang bicara tentang Sedekah. Kita sering bertepuk dada sembari berkata, “Lihat, Tuhanku luar biasa, sangat pemurah, sekali bersedekah diganjar sepuluh kali lipat”. Namun, ketika kita mempunyai hajat dan kebutuhan kita lebih mantap dengan mekanisme tabungan daripada sedekah, kita lebih yakin dengan proses investasi daripada wakaf, dan kita lebih mengandalkan logika dan jaringan manusia daripada pancingan solusi berupa sedekah.

Kita percaya bahwa Allah adalah Sang Penolong, tetapi seringkali kita tidak yakin dengan mekanisme yang dibuatNya agar kita mendapatkan pertolonganNya ….

3 thoughts on “Sudahkah kita yakin???

  1. dampak dari dunia pendidikan yg semakin logis.. dg logika yang dibangun dari simpulan dan asumsi sekelompok manusia yang kurang mewakili realita secara objektif dan menyeluruh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s