Ramadhan: Proyektor Ibadah …

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat spesial bagi setiap muslim. Kekhususan bulan ini telah banyak diungkapkan baik dalam Al Quran, hadist Rasulullah maupun berbagai sumber lainnya. Kekhususan itu diantaranya berlipatnya pahala, pengampunan dosa, lailatul qadar dan lain-lain.

Selain segala kekhususan tadi, terdapat hal menarik dalam ramadhan, yaitu keberadaan ramadhan sebagai proyektor ibadah kita dalam perjalanan hidup di bulan-bulan berikutnya …

Salah satu keistimewaan ramadhan adalah terciptanya atmosfir ibadah yang sangat kondusif. Kondisi puasa secara kolektif menciptakan suasana relijius, yang secara rasional mendorong kita beribadah dalam tingkatan yang lebih banyak, baik kuantitas maupun kualitas, dari biasanya. Hal ini diperkuat oleh keyakinan kita bahwa pada bulan suci ini, pintu sorga dibuka lebar, pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu.

Jadi, normalnya dan wajarnya, ibadah kita di bulan ramadhan ini akan lebih baik dari 11 bulan lainnya dalam setahun. Jika pola berpikir itu dibalik, mengacu pada pemikiran bahwa ramadhan merupakan “training center“, maka apa yang kita lakukan di bulan ramadhan bisa jadi merupakan indikator maksimal atas ibadah kita dalam 11 bulan berikutnya.

Jika selama ramadhan ini kita membaca Al Quran setiap hari 1 juz, mungkin setelah ramadhan kita akan membaca juga Al Quran setiap hari meskipun hanya 1/2 juz. Jika selama ramadhan ini kita sangat giat menjalankan tarawih dan shalat sunnah lainnya, InsyaAllah dalam 11 bulan ke depan shalat-shlat kita akan terjaga. Tetapi, jikalau selama ramadhan ini, shalat wajib saja masih bolong-bolong, entah apa yang terjadi dalam 11 bulan ke depan?? Apalagi … jika dalam ramadhan ini, kita tidak berpuasa tanpa alasan syari … naudzubillah!!

One thought on “Ramadhan: Proyektor Ibadah …

  1. setuju mas.. yang penting bagaimana Ramadhan menjadi momentum untuk “merapikan” ibadah yang masih “berantakan” & menyempurnakan yang masih kurang untuk dilanjutkan di 11 bulan berikutnya…
    mudah2an kita termasuk orang2 yang memanfaatkan momentum bulan suci ini dengan baik ya.. amiin… 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s