Shalat seperti orang mabuk …

Bagi kita shalat adalah rutinitas yang tidak boleh ditinggalkan. Namun sayangnya, rutinitas itu seringkali menjebak kita dalam aktivitas yang sekedar “gugur kewajiban” belaka. Maka, khasiat shalat sebagai pencegah segala bentuk kejahatan dan kemungkaran seringkali tidak tercapai.

Salah satu penyebabnya adalah karena sebagian dari kita sering shalat dalam keadaan seperti orang mabuk. Astaghfirullah!! Sifat orang mabuk adalah bergerak, berbicara dan bertindak tanpa ada kesadaran. Orang mabuk tidak tahu apa yang diomongkan, bahkan mungkin tidak sadar kalau dirinya ngomong. Gerakan tubuhnya pun acak tak terarah, tak jelas dan yang pasti, tidak disadarinya …

Jika kita shalat, tapi tanpa memahami apa yang kita ucapkan dan ikrarkan dalam shalat itu, maka kita seakan2 orang mabuk. Apalagi, jika gerakan2nya pun muncul hanya sekedar reflek karena hafalan rutin, maka ibarat orang mabuk sedang senam saja ..

Astaghfirullah!!

Maka, mari kita luangkan waktu untuk membuka-buka kembali buku panduan shalat, kemudian kita coba pahami makna bacaan2 yang ada di setiap gerakan shalat. Apa makna takbir, makna bacaan ruku’, bacaan sujud, dan seterusnya …

Begitu juga terhadap surat2 dalam Al Quran yang sering dibaca dalam shalat. Mari kita siapkan “ruang waktu” di tengah2 kepenatan pekerjaan kita untuk memahami tafsir surat Al Fatihah, juga beberapa surat pendek yang sering kita baca dalam shalat2 kita …

Demikian sehingga kita shalat tidak seperti orang mabuk, sebaliknya akan tercipta khusyu’ yang kita damba2kan itu …

4 thoughts on “Shalat seperti orang mabuk …

  1. Jazakallah akh Deddi,

    Satu dari yang akhi sebutkan adalah agar kita mengulas lagi bacaan shalat, agar lebih memahami makna dari bacaan dan surat yang kita baca. Jangan sampai bacaan shalat dan Al Quran menjadi hanya sebuah mantra. Kita baca namun tidak tahu maknanya, sehingga hasil dari shalat dan membaca Al Quran jauh dari yang seharusnya.
    Selamat menunaikan ibadah Ramadhan

    Puji T
    (Hanya Memberi Tak Harap Kembali)

  2. kadang walau sudah berusaha memahami arti dalam bacaan dan ritual sholat, masih susah juga aku menemukan kekhusukan…pikiran di luar itu kadang sekelebat melayang di otak membuyarkan kekhusukan.
    jadi kayaknya perlu belajar lebih banyak lagi…

  3. Pak… tahu ga caranya supaya kita sholat bisa khusyu? Sering banget ketika sholat ada bayangan2 di fikiran kita sehingga konsentrasi kita sedang berhadapan dg Allah itu hilang?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s