Dia Yang Selalu Memaafkan

Sungguh mendamaikan hati, mengenali Allah sebagai Al Ghafuur …

Bagaimana tidak, diri ini setiap hari mengalami kegelisahan yang sangat, karena dosa-dosa yang terus saja tercatat, dari yang kecil sampai yang besar, yang sengaja maupun tidak sengaja. Akibatnya, hati ini tertutup terhadap ayat-ayat Allah yang tersebar begitu banyak di sekitar kita. Cermin hati tidak lagi bening, karena tebalnya debu-debu yang menempelinya, sehingga cerminnya tidak mampu lagi memantulkan cahaya Allah yang suci, terang dan menerangkan. Akhirnya, hati tak lagi tergetar mendengar nama Allah, kering rasanya …

Begitulah kegelisahan itu hadir, mengalirkan rasa takut akan hilangnya kasih sayang Allah, menghembuskan hawa kecemasan akan terputusnya rizki dari sang Maha Kaya, dan di ujungnya menghadirkan putus asa!!

Sungguh mendamaikan hati, mengenali Allah sebagai Al Ghafuur …

Dialah yang selalu memaafkan segala dosa, bagi siapa saja yang menyesali kesalahannya. Dia mengajarkan dan mengajak kita untuk selalu bermohon, karena sungguh ampunanNya sangat luas. “Dan mohonlah ampunan kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Pengampung (Al Ghafuur) dan Maha Penyayang (Ar Rahiim)” (QS. Al-Muzzammil; 20). Bahkan dengan kasih sayangNya, dosa-dosa dijadikan hikmah, sehingga bagi pelakunya menjadi momentum perbaikan diri ..

Pantas saja Syaikh Ibnu Athoillah di dalam kitabnya, Al Hikam, menasehatkan, “Jika terlanjur berbuat dosa maka janganlah hal itu sampai menyebabkan patah hatimu untuk mendapatkan istiqamah kepada Tuhanmu. Sebab, kemungkinan yang demikian itu sebagai dosa terakhir yang telah ditaqdirkan bagimu.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s