Asmaul Husna

Dalam Islam, pengenalan atas Tuhan ditempatkan sebagai suatu proses penting dalam kehidupan. Pengenalan atas Tuhan diharapkan akan menghasilkan pemahaman komprehensih tentang kehidupan, tentang manusia yang menjalani hidup, dan akhirnya tentang Tuhan sendiri sebagai yang menciptakan hidup.

Salah satu cara untuk lebih mengenal Tuhan adalah dengan memahami “Asmaul Husna” atau nama-nama yang baik untuk Allah yang sebenarnya menunjukkan sebagian kecil karakter dan pensifatan Tuhan yag bisa dijangkau oleh akal pikiran manusia. Para Ulama mendokumentasikan setidaknya terdapat 99 nama mulia untuk Allah yang kesemuanya terabadikan dalam Al Quran. Nama-nama tersebut antara lain Ar Rahman, Ar Rahiim, Al Malik, Al Qudduus, As Salaam, Al Mukmin, dan seterusnya.

Proses pengenalan atas Tuhan asmaul husna dimulai dari pemahaman kita terhadap arti dari nama-nama tersebut ditinjau dari segala aspek mulai dari semantik, pembentukan kata, sampai sejarahnya. Dilanjutkan dengan proses kontemplasi dan perenungan, untuk kemudian diwujudkan dengan perubahan pola sikap dan pola pikir kita sebagai upaya meneladani segala keagungan yang terindah dari nama-nama tersebut. 

2 thoughts on “Asmaul Husna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s